buat NPWP


Hari ini akhirnya npwp gw jadi juga. Karena ga diurusin kantor jadi harus ngurus sendiri deh. Pertamanya bingung soalnya ga tau kapan sempat ke kantor pajak soalnya kan udah kerja. Tapi akhirnya hari ini sempat ngurus dan udah jadi NPWP gw. Ternyata tidak sulit dan cepat ngurusnya. Bagi yang sibuk, bisa juga daftar NPWP mudah dan cepat koq. Klo gw kemaren daftarnya gini nih:

  1. Gw daftar melalui e-reg npwp. Kalo belum punya account di website ini silahkan daftar dulu. Abis itu login deh.
  2. Abis itu isi data form yang dikasi. Harus lengkapin semua yang ada tandanya. Untuk karyawan di kantor sih gw isinya “karyawan yang tidak melakukan pekerjaan bebas”. Trus jenis usahanya “PEGAWAI SWASTA”.
  3. Setelah lengkap bisa di submit form nya. Abis itu bisa di print.
  4. Hasil print nya beserta fotocopy KTP bisa di pos ke alamat KPP yang tertera di hasil print-an nya atau bisa juga dibawa langsung ke kantor KPP nya.
  5. Klo gw sih bawa ke kantor dirjen pajak yang di Gatot Subroto beserta dengan fotocopy KTP. Naik ke lantai 4 dan langsung ke ruangannya. Tanya satpam aja buat npwp dimana. Awalnya disuru kirim aja ke KPP yang tertera di hasil print-an nya, tapi akhirnya diurusin juga soalnya udah terlajur datang. Kata orangnya sih klo dikirim juga ga lama tar kartu NPWP nya dikirim ke alamat kita.
  6. Setelah memberikan dokumen2 diatas, ngantri beberapa saat (kira2 20-30 menit ngantri 2 orang). Kartu NPWP langsung jadi. Waktu itu sih dia minta username dan password e-reg gw untuk login. Setelah dikasi kartu NPWP tinggal mengisi daftar pengambilan NPWP. Selesai…
  7. Setelah itu balik ke kantor deh naek angkot (ga penting)…

Akhirnya gw udah jadi warga negara yang taat pajak. Mudah kan. So tunggu apa lagi. Yang belum punya NPWP silahkan langsung mendaftarkan diri. GRATIS. Paling ongkos angkot doang.

Untuk petunjuk e-reg bisa di download di download page yang tata cara pendaftara npwp online atau disini. Kantor dirjen pajak yang di gatot subroto ada di peta di bawah ini

peta dirjen pajak

klik untuk memperbesar

Selamat menjadi rakyat yang taat pajak ^^.

One response to “buat NPWP”

  1. Gamer says :

    thanks infonya,mudah2an yang lain jadi tahu dan juga akhirnya sadar pajak.semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: